9 June 2017

Trik Memandikan Ayam Serama

Ayam Serama
Ayam Serama
Ayam serama, walaupun bertubuh mungil, ayam ini terlihat gagah dengan dada yang membusung. Ayam yang berasal dari negara malaysia ini ukurannya tak begitu jauh dengan burung merpati. Bobot jantan dewasa 350 g dan betina, 300 g dengan tinggi sekitar 15 cm. Sekarang, ayam jenis ini menjadi klangenan atau hewan peliharaan yang banyak disukai oleh berbagai golongan.

Penampilan ayam serama sungguh memikat, lihat saja ketika ia berdiri tegak, dadanya tampak membusung dan sayap tegak lurus, sementara kepalanya tegak, bahkan bisa melengkung ke belakang hingga menyentuh ekor yang mengembang lurus.

Pemeliharannya pun sederhana, pakannya terhitung sedikit, terdiri atas campuran konsentrat, jagung. dan dedak, dimana perbandingannya 2:3:5. Itu cukup diberikan sehari dua kali. Sementara treatment atau perlakuan khusus hanya berupa dimandikan dengan sabun mengandung disenfektan supaya bulunya tetap mengkilap dan terhindar dari kutu. Selain itu, disarankan  untuk menjemurnya setiap pagi, pukul 09.00 selama 1–2 jam.

Berkaitan dengan memandikan serama, ada sebuah trik untuk memandikan ayam serama supaya ayam tidak stres dan bulunya semakin bagus. Berikut adalah langkah-langkahnya;
  • Pertama, sabun yang dipilih haruslah berbahan lembut (tidak meninggalkan panas/kering setelah pemakaian),
  • Basahi sabun dengan air hangat, lalu ambil busanya bersama dengan sedikit air,
  • Usapkan busa secara perlahan searah dengan arah bulu ayam, usapkan ke sekujur tubuh ayam,
  • Ketika mengusap, jangan terlalu kuat mengosoknya agar lapisan minyak di bulu tidak hilang,
  • Setelah itu paruh, jengger, muka, dan kaki juga perlu dibersihkan,
  • Setelah itu keringkan ayam di sangkarnya selama kira-kira 15 menit

Blogger nubie yang seringkali mengalami insomnia di hampir setiap malamnya. Karenanya, Berbagi Ocehan, Lamunan, Obrolan, dan Racauan (BOLOR) menjadi tagline blog ini.

2 komentar

ade saya di Bekasi punya beberapa ekor ayam serama, yang warna itemnya sampe ke darahnya pun berwarna hitam, boro-boro pengen mandiin, galaknya nggak ada duanya deh tuh ayam teh, saya malah sering ajakin berantem sama ayam kesayangan ade saya itu teh da

Lhaa harusnya akur dong ah lagi bulan puasa gini..


EmoticonEmoticon