Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Trik Memandikan Ayam Serama


Ayam Serama

Ayam serama, walaupun bertubuh mungil, ayam ini terlihat gagah dengan dada yang membusung. Ayam yang berasal dari negara malaysia ini ukurannya tak begitu jauh dengan burung merpati. Bobot jantan dewasa 350 g dan betina, 300 g dengan tinggi sekitar 15 cm. Sekarang, ayam jenis ini menjadi klangenan atau hewan peliharaan yang banyak disukai oleh berbagai golongan.

Penampilan ayam serama sungguh memikat, lihat saja ketika ia berdiri tegak, dadanya tampak membusung dan sayap tegak lurus, sementara kepalanya tegak, bahkan bisa melengkung ke belakang hingga menyentuh ekor yang mengembang lurus.

Pemeliharannya pun sederhana, pakannya terhitung sedikit, terdiri atas campuran konsentrat, jagung. dan dedak, dimana perbandingannya 2:3:5. Itu cukup diberikan sehari dua kali. Sementara treatment atau perlakuan khusus hanya berupa dimandikan dengan sabun mengandung disenfektan supaya bulunya tetap mengkilap dan terhindar dari kutu. Selain itu, disarankan untuk menjemurnya setiap pagi, pukul 09.00 selama 1–2 jam.

Berkaitan dengan memandikan serama, ada sebuah trik untuk memandikan ayam serama supaya ayam tidak stres dan bulunya semakin bagus. Berikut adalah langkah-langkahnya;
Pertama, sabun yang dipilih haruslah berbahan lembut (tidak meninggalkan panas/kering setelah pemakaian),
1. Basahi sabun dengan air hangat, lalu ambil busanya bersama dengan sedikit air,
2. Usapkan busa secara perlahan searah dengan arah bulu ayam, usapkan ke sekujur tubuh ayam,
3. Ketika mengusap, jangan terlalu kuat mengosoknya agar lapisan minyak di bulu tidak hilang,
4. Setelah itu paruh, jengger, muka, dan kaki juga perlu dibersihkan,
5. Setelah itu keringkan ayam di sangkarnya selama kira-kira 15 menit

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar