1 February 2017

Rekreasi ke Kebun Binatang Bandung

Rekreasi ke Kebun Binatang Bandung
Rekreasi ke Kebun Binatang Bandung
Berbagai sumber menyebutkan, salah satu yang dapat membantu perkembangan emosional anak adalah dengan memperkenalkannya, atau membuatnya berinteraksi dengan binatang. Itu sebabnya, mengajak anak mengunjungi kebun binatang menjadi pilihan yang baik selain memelihara binatang di rumah. Ya, di kebun binatang tentu banyak pelajaran yang bisa diserap oleh anak, banyak binatang yang bisa kenalkan pada mereka, pun kosakata mereka yang bertambah juga makin baik karena terekam pula wujud/sosok binatang yang dihapal dalam bentuk visual, nyata di hadap mata.

Memang benar adanya, Itu pula yang saya dan keluarga saksikan ketika mengajak Khansa (2 tahun) beserta saudara-saudarinya berekreasi ke Kebun Binatang Bandung. Di Kebun Binatang yang beralamat di Jalan Kebun Binatang No.6, Lebak Siliwangi, Coblong, Bandung ini, mereka nampak begitu antusias melihat ragam flora dan koleksi fauna yang ada, walau kadang mereka tampak terengah menjelajah topografi bergelombang yang tersaji, sekalian olahraga, hhe.

Sayang, sepertinya sedikit sekali perubahan yang ada di kebun binatang ini. Ya, dari semenjak saya kecil dan beberapa kali berkunjung ke sini, sampai saya punya anak dan kembali berkunjung ke sini, rasanya kebun binatang yang berdampingan dengan dengan kampus Institut Teknologi Bandung dan Sungai Cikapundung ini masih tetap begini-begini saja. Seperti kurang terobosan di tengah menjamurnya tempat wisata di kawasan Bandung. Tapi hebatnya, pengunjung nyatanya tetap berduyun mengunjungi kebun binatang yang sudah dibuka semenjak tahun 1933 ini, mereka tak bosan menapaki lahan seluas 13,5-nya.

Harga tiket untuk memasuki kebun binatang ini hanya sebesar Rp. 20.000 saja bagi orang dewasa, Rp. 15.000 bagi anak di atas tiga tahun, dan gratis alias tidak dikenakan biaya bagi anak di bawah tiga tahun. Sangat terjangkau, bukan? Apalagi banyak kegembiraan dan pelajaran yang bisa diambil oleh anak-anak kita di kebun binatang. Untuk parkir kendaraan, kalau tak salah sebesar Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Di kebun binatang kita bisa melihat beragam fauna, mulai dari jenis-jenis reptil, mamalia, burung, ikan, sampai binatang-binatang langka pun semua ada. Kita bisa mengedukasi anak-anak kita tentang semua hewan tersebut, tentu dengan sebelumnya memperkaya referensi dulu tentang apa yang akan kita jelaskan. Jangan sampai ketika anak bertanya tentang sesuatu, kita malah tidak tahu :)

Ketika Khansa dan ibunya terlebih dulu asyik melihat beragam burung, saya lebih memilih untuk langsung meihat kandang beruang madu. Ya, saya penasaran dengan berita yang sempat booming pada bulan Januari 2017 lalu, tentang beruang madu yang kelaparan! Kala itu heboh diberitakan beruang madu yang ada di Kebun Binatang Bandung ini kurus-kurus karena kelaparan, juga meminta-minta makanan pada pengunjung. Tapi ketika melihat langsung, beruang madunya tidak kurus dan terlihat cukup makan kok.
kandang beruang madu kebun binatang bandung
Beruang Madu-nya tak seperti yang diberitakan
Ketika lelah berkeliling dan ingin selonjoran sejenak di taman atau di bawah naungan pohon-pohon besar, di sini kita bisa menyewa tikar pada ibu-ibu yang menyewakan. Ya, memang di sini banyak sekali ibu-ibu yang stanbye untuk menyewakan tikar. Harga sewa tikarnya sendiri adalah Rp. 20.000 dengan durasi selama kita berada di kebun binatang. Karenanya saya dan keluarga menyewa tikar itu ketika datang, dan memakainya untuk menyimpan perbekalan. Puas berkeliling, baru lah kita kembali ke tempat dimana tikar digelar, lalu “murak timbel”, menikmati perbekalan makanan yang dibawa. Setelah istirahat, kita bisa lanjut lagi berkeliling.

Dikelola oleh Yayasan Marga Satwa Tamansari, kebun binatang yang dulunya bernama Bandung Zoological Park (BZP) ini juga menyedekian beberapa fasilitas atau wahana lain seperti;
  • Taman Bermain, taman bermain ini khusus d buat untuk anak anak. Di sana terdapat ayunan, istana balon, balon air dan lain sebagainya sebagai sarana hiburan bagi anak-anak agar lebih betah menghabiskan waktunya di kebun binatang.
  • Kolam Perahu, dengan ini kita dapat mengelilingi danau buatan yang sengaja di buat.
  • Flying Fox, swiing!! Dengan ini kita pasti bakal merasa jadi artis karena melayang tepat di atas ratusan pengunjung. Bukan mustahil ratusan pasang mata itu akan langsung tertuju pada kita yang meluncur dari ketinggian.
  • Panggung hiburan, dengan adanya panggung hiburan ini kita juga bisa menikmati musik ketika berkeliling. Tapi ketika kesini panggung hiburan ini sedang tak aktif.
Mungkin sekian tentang pengalaman saya berkunjung ke Kebun Binatang Bandung, tentang harga tiket masuk, fasilitas, dan wahana permainan yang tersedia di Kebun Binatang Bandung. Semoga bermanfaat.
Melihat salah satu hewan langka, tapir

Blogger nubie yang seringkali mengalami insomnia di hampir setiap malamnya. Karenanya, Berbagi Ocehan, Lamunan, Obrolan, dan Racauan (BOLOR) menjadi tagline blog ini.

4 komentar

Kebun binatang dimanapun, ya begitu begitu saja dari tahun ketahun. Jarang ada perubahan. Mungkin karena biaya perawatan yang tergolong mahal ini sedangkan anggaran terbatas. Harga tiket murah sekali ya ?

Saya sering malu kalo berkunjung ke kebun binatang mas, takut dikira mau mengunjungi kembaran saya, hehehe

Yuk mari atuh kalau murah ita main lagi ke sini


EmoticonEmoticon